Halaman Utama

Sertifikasi

RSS Sindikasi





Pencarian Web

Webpupukdsp.com

Pencarian Dokumen

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini187
mod_vvisit_counterTotal312154

Sindikasi

Manfaat DSP (Dolomit) Untuk Padi & Palawija PDF Cetak E-mail
Ditulis oleh Web Master   
Wednesday, 04 February 2009
 
padi & palawijaTanaman padi dan palawija akan tumbuh lebih sehat, lebih subur, lebih tahan dari gangguan hama dan penyakit serta dapat berproduksi lebih banyak dengan mutu panen lebih baik, bilamana pH tanahnya optimal (tidak masam) atau pada kisaran pH 6 sampai pH 7. Sawah untuk padi atau tegalan untuk palawija yang kekurangan zat kapur (kalsium & magnesium), tanahnya akan bereaksi masam sehingga zat fosfat (P) terfiksasi oleh zat aluminium (Al) dan zat besi (Fe) serta zat mangan (Mn). Akibatnya zat fosfor (P) tidak terserap maksimal oleh tanaman. Demikian pula kekurangan kalsium dan magnesium menghambat peredaran zat fosfat dalam proses metabolisme dalam tubuh tanaman, akibatnya tanaman mudah terserang hama dan penyakit, batang lunak mudah rebah, produksi rendah dan rendemen kurang.
 

 
Zat Al, Fe, dan Mn meningkat dalam jumlah berlebihan bilamana pH tanah rendah. Ke tiga zat tersebut dalam keadaan berlebihan akan menjadi racun dan meracuni tanaman, sehingga tanaman mudah terserang hama dan penyakit, panen merosot. DSP mampu mengusir zat-zat tersebut sehingga tanaman terhindar dari keracunan Al, Fe, dan Mn.

4.    Pemberian DSP (Dolomit Super Prima) untuk memperbaiki pH tanah sekaligus dapat mencukupi kebutuhan unsur hara makro kalsium dan magnesium bagi tanaman serta dapat menjaga ketersediaan sebagian besar hara mikro bagi tanaman (otomatis). Panggunaan DSP (Dolomit Super Prima) sangat berperan mendorong perkembangan akar, memperkuat ketegaran batang tanaman, zat magnesiumnya merupakann bagian esensial klorofil sehingga tercipta hijau daun kilap bercahaya yang semakin menyempurnakan fotosintesa, mengatur serapan hara lainnya, pembawa fosfor beredar dalam tubuh tanaman, pembentuk minyak, lemak dan pati serta mendorong perbanyakan produk bijian.

5.    Pemberian DSP (Dolomit Super Prima) akan meningkatkan perkembangan mikro organisme dalam tanah, tanah menjadi lebih gembur dan subur, akar semai lancar menyerap zat-zat makanan dari dalam tanah, semua makanan yang diberikan daj dibutuhkan akan terserap dengan sempurna.

Kenapa pH tanah selalu turun atau tanah menjadi masam?
       Tanah menjadi masam atau turun pHnya karena beberapa faktor yaitu:
    1. Asal batuan induk pembentuk tanah yang masam.
    2.Curah hujan tinggi yang mengakibatkan leaching atau pencucian hara yang ada.
    3.Dekomposisi (pembusukan) bahan organik tanah.
    4.Penggunaan pupuk yang bersifat masam seperti Urea, ZA, Sulfur, dan NPK.
    5.Sebagian terpakai oleh tanaman menjadi hasil produksi yang terangkut ke luar.

    Untuk menjaga stabilitas pH tanah tetap optimal, pemberian DSP (Dolomit Super Prima) pada setiap pemupukan sangat tepat.

7.    Padi dan palawija sebagaimana tumbuhan lainnya, dapat melengkapi daur hidupnya, memberikan hasil yang memadai, apabila semua unsur yang dibutuhkan tersedia. Sebagian unsur esensial diperoleh tumbuhan melalui tanah.

    Tumbuhan membutuhkan sebanyak 96% zat hara makro yang terdiri dari karbon (C) 45%, hidrogen (H) 45%, dan oksigen (O) 6%. Total semua zat tersebut tersedia di alam bebas dan gratis dari yang Kuasa.

    Enam zat hara makro lainnya lebih banyak diserap melalui tanah yaitu:
    1.Nitrogen (N) sebanyak 1,5% dari pemupukan Urea atau ZA dll.
    2.Kalium (K) sebanyak 1% dari pemupukan KCL atau lainnya.
    3.Fosfor (P) sebanyak 0,2% dari pemupukan SP 36 atau lainnya.
    4.Sulfur (S) sebanyak 0,1% dari pemupukan ZA atau SP 36 atau lainnya.
    5.Kalsium (Ca) sebanyak 0,5 % dari pemupukan DSP .
    6.Magnesium (Mg) sebanyak 0,2% dari pemupukan DSP.

    Adapun 7 hara mikro esensial lainnya meliputi (Cl, Fe, Mn, B, Zn, Cu, dan Mo) dengan total konsentrasi 296,01ppm atau 0,03% dapat dipenuhi bilamana penggunaan DSP (Dolomit Super Prima) telah memadai.

 

Terakhir Diperbaharui ( Friday, 12 July 2013 )
 
Berikutnya >

Dolomit Super Prima

Frontpage Slideshow (version 2.0.0) - Copyright © 2006-2008 by JoomlaWorks

Seputar Agribisnis

Sektor pertanian mempunyai peran yang cukup signifikan dalam perekonomian nasional, baik langsung maupun tidak langsung.  Peran secara langsung antara lain berupa kontribusi dalam pembentukan PDB, penyediaan pangan dan pakan, penyediaan sumber devisa, penyediaan bahan baku industri, penyediaan...
Masamba; Pemerintah Kabupaten Luwu Utara sesuai dengan visinya mewujudkan penghasil kakao terbaik nasional 2010 tahun ini keciprat mendapatkan bantuan sebesar Rp 83 Milyar dari Pemerintah Pusat untuk membenahi kegiatan peremajaan, rehabilitasi dan instensifikasi tanaman kakao di Luwu Utara.

Artikel / Informasi

Pengantar Pupuk & Tanaman
02/01/2009 | web master

Usaha pertanian, perkebunan, perikanan serta tambak  zaman sekarang berorientasi pada hasil yang lebih tinggi serta kwalitas yang lebih baik. konsekwensinya akan terjadi peningkatan kebutuhan tan [ ... ]


Artikel lainnya