Halaman Utama

Jurnal dan ebook pertanian

Panduan Perikanan Skala Kecil, Budidaya Udang Windu, dengan Pemberian Pakan dan Tanpa Aerasi.
25/10/2015 | Administrator
article thumbnail

Puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas selesainya penyusunan Better Management Practices (BMP), Seri Panduan Perikanan Skala Kecil, Budidaya Udang Windu, dengan Pemberian Pakan dan Tanpa Ae [ ... ]


Artikel lainnya

Sertifikasi

RSS Sindikasi





Pencarian Web

Webpupukdsp.com

Pencarian Dokumen

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini103
mod_vvisit_counterTotal434952

Sindikasi

Manfaat Kaptan DSP (Dolomit Super Prima) Untuk Kelapa Sawit PDF Cetak E-mail
Ditulis oleh Web Master   
Friday, 20 November 2015
 
manfaat dolomit / kaptan untuk kelapa sawitKebun Kelapa sawit dapat berproduksi antara 15 ton sampai 18 ton pertahun perhektar. Atau rata-rata dalam setiap bulan perhektar menghasilkan 1.500 kg tbs. Di Sumatera kelapa sawit yang telah berumur 20 tahun lebih masih ada yang menghasilkan 25 ton TBS perhektar dalam satu tahun atau rata-rata 2 ton perhektar perbulan. Produksi tinggi dapat tercapai karena terpenuhi kebutuhan zat hara makro dan mikro dengan melakukan pemupukan lengkap, tepat dan cukup.
 
 
Budidaya kelapa sawit harus memperhatikan faktor kemasaman tanah, adapun pH optimal kelapa sawit adalah kisaran pH 5 sampai pH 6,5. Tanah dengan pH rendah menandakan kandungan zat Besi (Fe), zat Aluminium (Al) dan zat Mangan (Mn) dalam keadaan berlebihan. Dalam keadaan berlebihan ketiga zat tersebut akan meracuni tanaman. Ketiga zat tersebut dalam jumlah berlebihan juga akan mengikat fiksasi zat Fosfor (P) sehingga tidak dapat diserap oleh tanaman yang berakibat pembungaan dan perkembangan buah sangat lambat, TBS kecil, timbangan ringan, rendah produksi.
Pengapuran (pemberiam Dolomit Super atau Kaptan Super) bertujuan untuk memperbaiki pH tanah mencapai kisaran pH optimal, dengan pengapuran pula fiksasi (jerapan) zat Al, Fe dan Mn bisa terurai atau terlepas sehingga tanaman dapat menyerap zat Fosfat (P) serta memperlancar peredaran Fosfat (P) dalam tubuh tanaman.
Kalsium dan Mgnesium juga sangat berperan dalam mendorong perkembangan akar, memperkuat ketegaran batang, mengurangi serapan zat yang meracuni tanaman, bagian esensial klorofil sehingga tercipta hijau daun mengkilap dan bercahaya, mengatur serapan dan peredaran zat Fosfat (P) pada tanaman, pembentuk lemak, munyak dan pati serta mendorong produksi biji-bijian tanaman.
Pengapuran juga dapat memantapkan struktur tanah, meningkatkan porositas dan aerasi udara dalam tanah, meningkatkan perkembangan mikroorganisme, tanah menjadi lebih subur dan gembur, sirkulasi udara dalam tanah lebih lancar, akar semai lebih kuat menyerap zat-zat hara dari dalam tanah, sehingga pupuk yang telah diberikan rerserap maksimal oleh tanaman.
Memiliki kebun kelapa sawit, dipelihara dengan baik, dipupuk lengkap sesuai dosis, tanaman yang telah berumur 20 tahun ke atas masih dapat berproduksi cukup tinggi.
Fakta : di perkebunan Sungai Pancur, perkebunan Dolok Sinumbah, perkebunan Bah Jambi, perkebunan Marihat, perkebunan Sinar Mas, dan lain-lain yang semuanya di Sumatera, perkebunan Astra di Sulbar, perkebunan Widia Unggul Baras di Sulbar, masih dapat berproduksi di atas 18 ton pertahun atau rata-rata 1.500 kg perbulan perhektar dengan umur tanaman 20 tahun lebih.
 
Terakhir Diperbaharui ( Thursday, 19 November 2015 )
 
< Sebelumnya   Berikutnya >

Dolomit Super Prima

Frontpage Slideshow (version 2.0.0) - Copyright © 2006-2008 by JoomlaWorks

Artikel / Informasi

Pengantar Pupuk & Tanaman
02/01/2009 | web master

Usaha pertanian, perkebunan, perikanan serta tambak  zaman sekarang berorientasi pada hasil yang lebih tinggi serta kwalitas yang lebih baik. konsekwensinya akan terjadi peningkatan kebutuhan tan [ ... ]


Artikel lainnya